Inovatif, UMK Launching Sistem Administrasi Digital

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) merilis sistem administrasi digital yang diberi nama “Disposisi UMK”. Sistem yang diprakarsai oleh Lembaga Sistem Informasi (LSI) dan Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) itu di launching di Ruang Seminar lantai IV Gedung Rektorat UMK, Kamis (14/03/2024).

Dalam sambutannya, Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. menyampaikan, trobosan ini menjadi satu dari sekian konvensi konfigurasi digital UMK di masa depan. Sistem administrasi yang diberi nama “Disposisi UMK” ini menjadi inovasi tersendiri, mengingat persuratan di UMK pada tahun 2023 sendiri total terdapat 25.934 surat, dengan surat masuk sejumlah 12.817 dan surat keluar sejumlah 13.117 surat.

“Dengan sistem ini, nantinya setiap pihak bisa melakukan tracking guna mengetahui surat yang diajukan itu sekarang sudah sampai mana. Sehingga, dengan demikian ada akuntabilitas secara publik dan juga ada mekanisme kepastian dalam proses surat menyurat,” tutur Prof. Darsono.

Sistem ini, sambung Prof. Darsono, disusun berdasarkan proses manual yang sedang dipakai yang juga mengakomodasi disposisi dan alur surat keluar-masuk internal dan surat masuk eksternal. Sistem ini masih membutuhkan aplikasi lain (seperti Microsoft Office) untuk pembuatan surat, hanya saja tidak perlu dicetak.

“Targetnya yang pasti, bisa diakses dimanapun, proses yang lebih cepat, lebih hemat ATK (Alat Tulis Kantor). Kemudian, pelacakan posisi / proses temu kembali surat bisa dilihat secara aktual dan realtime,” jelasnya.

Menambahkan, Wakil Rektor II UMK, Dr. Solekhan, S.T., M.T. mengakui, sistem ini memang belum bisa disebut sempurna. Untuk itu, akan kita trial selama kurang ebih sepekan kedepan.

“istilahnya, tak ada gading yang tak retak. Oleh sebab itu, kami harapkan adanya masukan atau saran dari bapak/ibu yang nantinya memakai sistem ini,” pungkasnya. (Humas-UMK)